Umum

Yuk Ternak kucing Persia.

Yuk Ternak kucing Persia.

Yuk Ternak kucing Persia.Yuk Ternak kucing Persia.

Kucing persia adalah hewan piaraan yang lucu unik dan juga imut. hewan ini mempunyai usia antara 10 tahun sampai 15 tahun. Saat ini di Indonesia terdapat empat jenis persia yang biasa di pelihara masyarakat.antara lain Persia himalaya, Peaknose, Flatnose dan Persia medium. dari ke empat jenis persia tersebut, yang paling mahal adalah yang jenis peaknose. usia 3 bulan saja harga nya mencapai 2 sampai 3,5 juta.
Peminat kucing ini pun dari hari ke hari terus mengalami peningkatan. maka tak heran banyak sekarang bermunculan toko toko hewan yang salah satu nya menjual kucing persia.
Bagi anda yang tertarik untuk sekedar memeilihara persia atau mengembang biakkan nya untuk di jadikan sebuah usaha, yuk simak penjelasan berikut :

1. Persiapan indukan

Untuk mendapatkan inukan yang bagus, perhatikan beberapa hal ini,
a. bagian mata, kesehatan kucing bisa di lihat dari mata nya, jika matanya sayu tentu kucing tersebut memiliki masalah kesehatan. maka pilih bentuk mata yang bulat, besar, berwarna cerah, penglihatan nya tajam dan terbuka lebar
b. bagian telinga, perhatikan telinga kucing, pilih yang kecil dengan bentuk membulat dan jarak antara telinga relatif jauh. pangkal telinga tidak terlalu terbuka sedang ujung nya melengkung dan menghadap ke bawah.
c. postur tubuh, berbeda dengan kucing biasa yang ering di pelihara masyarakat pada umum nya. persia yang bagus adalah yang memiliki postur tubuh cobby, yaitu kaki pendek dan besar. pundak yang lebar dan kepala membesar. serta lebar antara bahu dan pinggul nya sama.
d. hidung, semakin pesek semakin baik, pilih yang pesek atau pendek. berukuran kecil dan mendongak ke atas. dan tampak seperti belahan pada pangkal hidung.

2. Persiapan Kandang

Anda bisa membeli kandang di toko hewan maupun membuatnya sendiri. pastikan kandang berukuran luas, tidak terlalu sempit sehingga tidak membatasi gerak kucing. sediakan pula wadah untuk PuP, berupa pasir yang di letakkan pada wadah. jauhkan tempat PuP kucing dengan wadah minuman atau makanan nya.

3. Pakan

Untuk pemberian pakan, lakukan dengan teratur, dan gunakan wadah yang bersih. pemilihan pakan juga perlu di lakukan agar kita bisa mendapat jenis makanan yang di sukai oleh kucing. utamakan pakan kucing yang memiliki nilai gizi yang tinggi. serta berikan vitamin. diantara merk makanan kucing yang bisa dijadikan pilihan antara lain :
a. Royal canin
merk makanan kucing ini dikelompok kan sesuai dengan jenis ras kucing, maka pilih lah yang berlabel untuk kucing persia.
b. Pro Plan, merk ini di peruntukkan untuk kucing yang ber postur tubuh kurus. untuk harga, merk Pro Plan masih di bawah Royal canin.
c. Friekies, salah satu merk pakan kucingb yang harga nya paling terjangkau, meski kucing pada awalnya kurang menyukai merk ini, namun setelah mencoba jenis salmon hairball maka masalah tersebut sudah tidak akan muncul lagi.
d. Whiskas, merk yang paling populer di antara yang lain karena sering muncul di iklan Tv. secara keseluruhan merk ini hampir bsama dengan friekies. jika kucing tidak cocok dengan merk ini, dan terjadi PuP lembek, maka segera ganti dengan jenis pakan yang lain.
e. Me-o, pilihan terakhir jika biaya untuk membeli makanan kucing dengan merk-merk di atas kurang mencukupi. karena merk ini bisa di bilang yang paling murah, untuk kualitas nya bisa di katakan di bawah Friekies dan Whiskas

4. Masa Perkawinan

Dalam memelihara/beternak kucing, kita harus jeli melihat tingkah laku kucing. usahakan untuk selalu mengontrol karakter kucing dan keadaan kucing, apakah sudah dalam masa birahi atau belum.

a. Masa Birahi
Kucing betina mengalami masa birahi pertama kali nya saat usia 7 sampai 8 bulan atau pada usia 10 sampai 11 bulan. dan ini akan berlangsung selama 7 sampai 10 hari. dan siklus birahi akan berulang setelah 1,2-3 bulan.
b. Tanda birahi kucing betina
Masa birahi pada kucing betina biasanya di tandai dengan beberapa gejala, di antaranya suara menjadi berat dan keras, suka ber guling-guling, agresif, dan nafsu makan menurun.
c. Tanda birahi kucing jantan
Untuk kucing jantan, masa birahi biasanya terjadi setelah usia 1 tahun lebih, sebgai tanda nya antara lain Suara mulai keras, suka mengeong, dan jika melihat kucing betina ingin cepat menaikinya.
d. Vaksinasi
Sebelum mengawinkan kucing, baiknya lakukan vaksinasi agar anak yang di lahirkan memperoleh nutrisi yang baik dari sang induk. sehingga bisa terlahir sehat dan gemuk, selain itu berikan obat cacing dan cek kesehatan.

5. Proses Perkawinan

Lakukan perkawinan dengan cara yang benar, berikut beberapa cara untuk mengawinkan kucing :
a. Perkenalan, dekatkan kucing betina dan kucing jantan, tapi jangan dalam satu kandang selama satu atau dua hari.
b. Proses , perkawinan dapat di lakukan secara alami seperti pada proses perkawinan kucing pada umum nya. proses ini akan berlangsung selama 2 sampai 7 hari, setelah itu pejanan dan betina bisa di pisahkan.

6. Perawatan kucing hamil

a. Tempatkan di rumah, jangan membiarkan kucing yang sedang hamil keluyuran ke luar rumah untuk menghindari resiko tertular atau terjangkit penyakit.
b. Pisahkan dari kucing yang lain, setidaknya kucing hamil memerlukan tempat yang tenang dan jauh dari gangguan dari kucing lain dan menghindari dari pertengkaran antar kucing.
c. Jangan memberikan sembarang obat pada kucing hamil, selalu konsultasikan dengan dokter hewan langganan anda
d. Gunakan pasir kotoran yang bersih dan tidak menggumpal, untuk mencegah kotoran dan kuman menempel pada bulu kucing saat kucing sedang PuP
e. Siapkan makanan tambahan dan berikan asupan gizi yang cukup.

Recent Posts