Upaya Penyiapan Serius


Table of Contents

Upaya Penyiapan Serius

Upaya Penyiapan Serius
Upaya Penyiapan Serius

Generasi muda sekarang sebagaimana dijelaskan di atas sebagai bonus demografi haruslah benar-benar disiapkan dan diberi contoh teladan yang baik oleh para orang tua dan pemimpin bangsa ini. Kita tetap perlu waspada, sebab apabila investasi ini tidak berhasil maka akan menjadi bencana demografi bagi masa depan. Oleh karena itu jangan melepaskan tanggung jawab pendidikan dari tiga elemen yaitu orang tua/keluarga, masyarakat, dan pemerintah. Kekompakan tiga elemen ini akan menghasilkan tenaga dahsyat bagi kemajuan sekolah.

Investasi pendidikan baru akan terasa hasilnya tidaklah sekarang, namun jangka panjang. Karena mereka nantinya akan menjadi nafas republik ini. Investasi mulia yang seharusnya dijauhkan dari aspek politik dan kepentingan ekonomi sesaat. Dengan berbagai investasi secara riil di bidang pendidikan seperti fasilitas sekolah, gedung sekolah, sarana lab, diklat guru, dan sebagainya akan membuat bangsa ini maju. Maka partisipasi berbagai pihak sangat penting. Perusahaan baik swasta maupun BUMN perlu didorong untuk memberikan Care and Social Responsibility di bidang pendidikan sebagai partisipasi serius membantu investasi pendidikan.

Generasi yang berhasil adalah generasi yang penguasaan ilmu atau keahliannya tinggi serta dilandasi oleh jiwa karakter bangsa yang luhur. Dengan ini, insya Alloh terwujud peradaban Indonesia yang unggul untuk kejayaan Indonesia 2045. Semoga generasi tahun sekarang ini dapat amanah supaya generasi emas 2045 terwujud. Kita bangga melihat dan mendengarnya kelak, meskipun kita sudah tua atau pun meninggalkan dunia ini.

Kebangkitan nasional akan terasa hambar apabila tidak didukung oleh pendidikan yang berkualitas. Dan pendidikan yang berkualitas juga akan kehilangan makna apabila tidak didukung oleh guru-guru yang profesional dan kompeten. Guru yang profesional dan kompeten akan dapat berkurang semangatnya apabila pemerintah mengabaikan kesejahteraan guru. Selamat hari kebangkitan nasional dengan pendidikan yang berkualitas untuk mewujudkan generasi emas.

Artikel ini diikutkan dalam lomba menulis di blog yang diselenggarakan oleh Komunitas Sejuta Guru Ngeblog (KSGN) tahun 2015.

Sumber : https://filehippo.co.id/