Pendidikan

Sumber bahan makanan

Sumber bahan makanan

Sumber bahan makanan

Sumber bahan makanan

v  Bahan Makanan Yang Mengandung Protein Hewani

  1. Telur

Telur merupakan salah satu bahan makanan yang mengandung protein tinggi, terutama bagian putih telurnya. Bagian kuning telur mengandung mineral, vitamin, dan lemak. Cara penyajian telur biasanya dengan digoreng atau direbus. Jika ingin lebih sehat, maka pilih telur rebus.

  1. Ikan

Selain telur, sumber protein hewani lainnya yaitu ikan. Ada banyak ikan yang mengandung protein tinggi, seperti ikan salmon, ikan teri, ikan cue, ikan bawal, ikan tongkol, ikan kembung, dan sebagainya. Kandungan protein yang terdapat pada ikan merupakan protein yang mudah dicerna oleh tubuh sehingga baik untuk anak-anak.

  1. Dada ayam (white Meat)

Dada ayam termasuk white meat atau daging putih. Bagian ini merupakan sumber protein. Dibanding dengan bagian lainnya, seperti kulit, dada ayam lebih rendah lemak. Oleh karena itu, bagi yang ingin menambah asupan protein dengan tidak menambah banyak asupan lemak, pilih dada ayam ketimbang paha ayam yang seringkali terdapat kulit.

  1. Udang

Udang juga merupakan sumber protein. Kandungan protein pada udang tergolong tinggi karena kadar asam amino yang lengkap dan berprofil tinggi. Selain itu, udang juga mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6.

  1. Sirloin(daging sapi)

Daging sirloin adalah daging yang berasal dari bagian belakang sapi. Daging ini bekerja lebih berat dari pada bagian lain, umumnya dipakai untuk membuat steak sehingga agak lebih keras dibandingkan yang lain. Sirloin memiliki kelebihan dalam ukuran, yaitu bias dipotong lebih besar dari pada bagian sapi lainnya yang lebih lembut. Selain itu sirloin ini hamper tidak mengandung lemak. Harga sirloin umumnya lebih murah dibandingkan daging steak lainnya.

6.Susu

Sumber protein berikutnya yaitu susu. Susu bukan saja sebagai sumber protein, tetapi mengandung nutrisi lainnya, seperti kalsium, vitamin, fosfor, magnesium, dan zinc.

v  Bahan Makanan Yang Mengandung Protein Nabati

  1. Kedelai

Kedelai termasuk tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar pembuatan tahu, dan tempe. Kedelai mengandung kadar protein yang tinggi. Untuk mendapatkan asupan protein nabati dari kedelai, bisa dengan mengonsumsi produk olahannya, seperti tahu, tempe, dan susu kedelai.

  1. Tahu

Tahu yang kaya nutrisi, terutama protein bias diolah menjadi berbagai kreasi masakan. Bias dikonsumsi  bersama salad, dikukus, digoreng atauoun dipanggang. Selain bergizi, tahu juga mudah menyatu dengan bumbu dan makanan lain sehingga anda tidak akan bosan untuk memakannya.

  1. Tempe

Tempe adalah hasil fermentasi  dari kedelai.

Bahan makanan ini cukup enak dan lezat. Kaya akan protein nabati dan bias diolah menjadi makanan apa saja.

  1. Gandum

Gandum atau yang juga dikenal dengan terigu juga termasuk sumber protein nabati. Protein yang terdapat pada gandum terdiri dari asam amino esensial (protein yang tidak dapat dibentuk oleh tubuh) dan asam amino nonesensial. Gandum biasa digunakan sebagai bahan baku roti.

  1. Kacang-kacangan

Bahan makanan berikutnya yang mengandung protein tinggi yaitu kacang-kacangan. Berbagai jenis kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang tunggak, dan kacang merah bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan asupan protein.

  1. Brokoli

Sumber protein nabati berikutnya yaitu brokoli. Dengan mengonsumsi 100 kalori brokoli, maka tubuh akan mendapatkan asupan 7 gram protein dan 10 gram serat.

  1. Bayam

Selain brokoli, sayuran yang juga mengandung protein adalah bayam. Bayam memang mengandung protein, namun tidak begitu banyak. Tetapi, bayam mengandung nutrisi lainnya yang penting untuk tubuh.

  1. Keju

Semua jenis keju adalah sumber protein yang baik. Cobalah Keju cheddar atau mozzarella yang dicampurkan ke dalam salad,pasta, sandwich atau sup. Satuhal yang harus diperhatikan, terutama bagi anda yang sedang diet,Keju mengandung lrmak. Sehingga batas konsumsi anda tak lebih dari 1 ons per hari.

  1. Sushi

Sushi adalah makanan jepang yang terdiri dari nasi yang dibentuk bersama lauk pauk berupa makanan laut, daging,sayuran mentah atau yang sudah dimasak. Sushi mrngandung protein dan serat yang pada umumnya rendah kalori dan lemak.


Sumber: https://penirumherbal.co.id/