Umum

Sampo Antiketombe untuk Hilangkan Ketombe di Jenggot

tidak hanya menyerang kulit kepala, tetapi juga kulit dagu yang terlalu besar. Kondisi ini jelas mencegah penampilan dagu sekaligus membuat Anda tidak nyaman. Jadi, bisakah sampo ketombe digunakan untuk merawat janggut yang sombong? Ayo, temukan jawabannya.

Bisakah Anda menggunakan shampo ketombe?

dagu tumbuh
Ketombe pada dagu menyebabkan kulit mengelupas dan gatal. Kondisi ini kemungkinan besar disebabkan oleh tumbuhnya jamur pada kulit yang tidak seimbang.

Pada kulit adalah jamur Malassezia globosa yang dituduh membusuk sebum (minyak). Sayangnya, proses tersebut menghasilkan asam oleat yang dapat mengiritasi kulit.

Jika jumlah jamur meningkat, kemungkinan iritasi lebih besar dan menyebabkan kulit mengelupas seperti ketombe.

Selain itu, ketombe di dagu juga bisa disebabkan oleh proses masuknya sel kulit yang lebih cepat.

Sel-sel kulit mati yang tidak dibersihkan dengan benar dapat menumpuk dan membentuk serpihan ketombe.

Salah satu cara mengobati ketombe adalah dengan mencuci mata.

Dalam beberapa kasus, Anda membutuhkan sampo ketombe. Shampo ini dapat membersihkan sel-sel kulit mati yang menumpuk sekaligus menekan pertumbuhan jamur ketombe.

Namun, banyak dokter kulit tidak merekomendasikan penggunaan sampo rambut untuk merawat otak.

Shampo rambut yang berbentuk ini takut terlalu keras pada kulit dagu. Apalagi jika Anda memiliki kulit kering dan sensitif.

Alih-alih menjadi lebih baik, ketombe dan kondisi kulit justru menjadi lebih buruk jika Anda menggunakan sampo jenggot ketombe ini.

Jadi sampo apa yang harus digunakan?

gunakan sampo untuk rambut rusak
Jika Anda memiliki kulit sensitif dan kering, mintalah sampo anti ketombe khusus yang diformulasikan untuk membersihkan dagu dari dagu.

Pilih shampo yang mengandung bahan-bahan seperti:

Seng Pyrithione
Tar batubara
Selenium sulfida
Minyak pohon teh
Jika Anda tidak memiliki kulit sensitif, menggunakan sampo anti ketombe bisa membantu. Anda hanya perlu menggunakannya dengan benar agar tidak menimbulkan masalah kulit baru.

Cara Menggunakan Shampoo Ketombe Untuk A Bee With Virus

Agar perawatan berhasil, perlu untuk mempertimbangkan bagaimana menggunakan sampo untuk mencuci kaleng ketombe. Berikut adalah beberapa aturan yang harus diikuti ketika menggunakan sampo jenggot yang bermasalah.

1. Jangan menggunakan air panas
Sebelum dibersihkan dengan sampo, terlebih dahulu harus direndam dalam gula. Namun, jangan basahi dengan air panas.

Temperatur yang hangat dapat membuat kulit kering. Akibatnya, ketombe pada dagu memburuk. Selain itu, air panas dapat memperburuk kondisi kulit yang teriritasi.

2. Gunakan sampo dengan bijak
Meskipun area di sekitar dagu bermasalah, Anda sebaiknya tidak menggunakan terlalu banyak sampo ketombe untuk janggut bulat.

Apalagi jika Anda menggunakan shampo yang diformulasikan untuk rambut. Gunakan secukupnya, setidaknya seukuran kacang polong.

Kemudian gosok sampo dengan kedua tangan dan usap dagu dengan lembut. Pastikan sampo menyentuh kulit dagu secara merata.

Lalu diamkan selama 1 atau 2 menit agar isi sampo terserap ke dalam kulit. Lalu bilas sampai bersih.

Tips mencegah ketombe pada jenggot

Untuk menghindari jenggot ketombe, bersihkan area ini secara teratur. Kemudian gunakan pelembab seperti minyak argan untuk menjaga kulit Anda tetap terhidrasi.

Ingatlah untuk memotong dagu Anda jika terlalu panjang, sehingga lebih mudah dirawat.

Jika masalah ketombe di dagu tidak membaik, berkonsultasilah dengan dokter kulit. Anda mungkin menderita dermatitis seboroik.

Dokter keluarga Amerika menyatakan bahwa dermatitis seboroik menyebabkan kondisi seperti ketombe.

Anda mungkin perlu perawatan lebih lanjut dan diminta untuk mencukur dagu agar kondisi kulitnya lebih baik.

Sumber foto: Veta

Hello, Health Group dan Hello Sehat tidak memberikan saran medis, diagnosa, atau perawatan. Lihat halaman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih lanjut.

Baca juga: