Umum

Porsi Makan yang Tepat Agar Diet Cepat Berhasil

Makan makanan sehat menjadi salah satu kunci jika Anda melakukan diet ketat. Mungkin Anda sudah memilih makanan sehat, tapi Anda tahu porsi penyajian dan distribusi makanan di piring Anda?

Bagaimana cara menyajikan diet yang tepat untuk menurunkan berat badan?

Sebelum memasukkan porsi makanan Anda ke dalam satu kali makan, Anda perlu memahami kebutuhan kalori harian Anda – yang dipengaruhi oleh tinggi badan, berat badan, usia, dan aktivitas fisik. Kemudian, kalori harian akan dibagi menjadi setiap waktu makan yaitu waktu makan, makan siang, dan makan malam.

Pertanyaannya, kebutuhan kalori dalam sehari akan dibagi menjadi:

  • Sarapan rasional: 20% dari total kalori
  • Tunjangan makan siang: 30% dari total kalori
  • Alasan makan: 25% dari total kalori

Yang lainnya adalah jatah makan 30% yang bisa dipisahkan hingga 3 kali, jika menggunakan snack Anda bisa menggunakan 10% dari total kalori.

Misal, kebutuhan kalori harian Anda adalah 2000 kalori, jadi Anda bisa makan sekitar 400 kalori, makan siang lebih dari 600 kalori, dan makan malam hingga 500 kalori. Kemudian, Anda tetap bisa menggunakan makanan yang memiliki 600 kalori dan ada baiknya jika membagi jatah camilan menjadi 3 kali, agar perut selalu terasa kenyang dan tidak kembung.

Bagaimana distribusi makanan, makanan, dan sayuran dalam menu makanan?
Sesuai dengan pedoman gizi seimbang yang diterbitkan Kementerian Kesehatan tahun 2014, Anda tidak perlu lagi mengambil nasi atau lauk, karena dalam panduan ini dijelaskan beberapa makanan atau lauk pauk yang harus dimakan sekaligus.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan jika Anda ingin diet yang sukses:

  • Sayuran. Isi sepertiga piring makan Anda dengan sayuran. Seperti yang disarankan, Anda perlu makan 250 gram sayuran sehari, sepanjang hari Anda harus makan setidaknya 100 gram. Ukuran 100 gram sayuran sama dengan segelas buah dan sayuran kering.
  • Buah-buahan. Untuk buah-buahan, jatah di piring Anda lima kali lipatnya. Pada dasarnya buah membutuhkan sekitar 150 gram. Jadi, Anda bisa mengonsumsi 50 gram setiap kali makan berat. Ukuran buah 50 gram setara dengan satu buah pisang atau dua buah jeruk berukuran sedang.
  • Makanan pokok. Dasar pemikiran makanan pokok adalah satu per satu hidangan, seperti porsi sayuran yang dimakan, kira-kira sepertiga sekali. Makanan pokok tidak hanya nasi saja, tetapi Anda juga bisa memilih makanan lain jika bosan dengan nasi, seperti kentang, mie, bihun, ubi jalar, kentang dan lain sebagainya.
  • Ikan. Sementara sisa piringnya masih kosong, bisa diisi dengan berbagai lauk pauk termasuk protein hewani dan nabati. Anda bisa menggunakannya sebanyak satu porsi protein hewani.
    Kondisi lain yang dapat membantu mempercepat keberhasilan dalam makanan

Setelah Anda memilih makanan dan layanan sehat, Anda akan lebih dekat dengan hasil makanan yang diinginkan. Namun, jangan lupa batasi penggunaan garam dan gula yang bisa merusak makanan. Selain itu, berolahraga secara teratur sambil makan tetap legal. Anda tidak dapat mencapai hasil yang memuaskan tanpanya.