Umum

Penggunaan Rumah Tangga untuk Tepung Jagung

Tepung maizena adalah bahan umum yang dibuat dari bagian biji jagung yang bertepung yang dikenal sebagai endosperma. Ini digunakan sebagai bahan pengental untuk kuah daging, bumbu perendam, saus, sup, dan casserole.

Meskipun kebanyakan orang berpikir tepung maizena disediakan untuk memasak, ini cukup berguna di luar dapur. Perlu diingat bahwa banyak dari penggunaan ini tidak didukung oleh studi ilmiah.

Berikut adalah 19 penggunaan tepung jagung rumah tangga.

Michelle Arnold / EyeEm / Getty Images

1. Meredakan kulit

Tepung maizena mungkin merupakan obat yang nyaman dan hemat biaya untuk iritasi kulit, meskipun sedikit penelitian yang mendukung kemanjurannya untuk penggunaan ini. Meski begitu, banyak orang menggunakannya untuk meredakan sengatan matahari dan mengurangi rasa gatal pada kulit.

Campur tepung maizena dan beberapa tetes air dalam mangkuk hingga membentuk pasta selai kacang yang kental. Oleskan sedikit ke kulit Anda dan diamkan hingga benar-benar kering. Lalu, bilas dengan air hangat.

Beberapa orang juga menaburkan tepung maizena di seprai atau bagian dalam pakaian untuk mengurangi gesekan.

2. Deodoran

Jika Anda kehabisan deodoran atau ingin alternatif buatan sendiri, cobalah tepung jagung.

Berkat sifatnya yang menyerap kelembapan, ia bertindak sebagai deodoran alami untuk mengurangi keringat dan bau.

Untuk membuat deodoran tepung maizena sendiri, Anda memerlukan:

  • 3 sendok makan (45 mL) minyak kelapa
  • 2 sendok makan (16 gram) tepung maizena
  • 2 sendok makan (28 gram) soda kue

Panaskan minyak kelapa dalam microwave selama 15-20 detik atau sampai mencair. Kemudian, tambahkan tepung maizena dan soda kue secara perlahan hingga membentuk pasta kental. Anda juga bisa menambahkan setetes minyak esensial favorit Anda untuk memberikan aroma yang menyenangkan.

Perlu diingat bahwa soda kue dapat menyebabkan iritasi pada ketiak sebagian orang, jadi mungkin tidak semua orang cocok untuk soda kue. Selain itu, jika Anda mengalami keringat berlebih, atau hiperhidrosis, Anda mungkin memerlukan antiperspirant komersial yang lebih kuat.

3. Sampo kering

Anda bisa menggunakan tepung maizena sebagai sampo kering alami.

Taburkan sedikit ke akar rambut Anda dan sisir dengan lembut sampai ke ujung. Untuk aplikasi yang mudah, gunakan kuas riasan yang bersih untuk memindahkannya ke akar rambut Anda.

Karena tepung maizena berwarna terang, teknik ini mungkin tidak berhasil untuk mereka yang memiliki rambut gelap.

4. Cat kuku matte

Untuk membuat cat kuku matte, taruh beberapa tetes cat kuku di atas piring dan taburkan sedikit tepung maizena di atasnya. Mulailah perlahan, tambahkan lebih banyak sesuai kebutuhan.

Kemudian campur dengan kuas dan aplikasikan pada kuku Anda.

5. Mandi susu santai

Mandi susu secara historis telah digunakan untuk menenangkan kulit sekaligus menciptakan pengalaman mandi yang mewah. Menariknya, salah satu ramuan rahasia di banyak mandi susu adalah tepung maizena.

Meskipun tidak ada penelitian yang mendukung manfaat mandi susu dengan tepung maizena, beberapa orang menemukan bahwa itu berhasil untuk mereka.

Masukkan 1 cangkir (128 gram) tepung jagung, 2 cangkir (256 gram) susu bubuk utuh, dan 1/2 cangkir (115 gram) soda kue ke dalam kantong. Segel dan kocok dengan baik. Terakhir, tambahkan beberapa tetes minyak esensial lavender – atau minyak esensial lainnya – untuk aroma yang menenangkan dan kocok lagi.

Saat mandi, tambahkan 1 cangkir (128 gram) campuran ke dalam bak mandi air hangat Anda dan nikmatilah.

Baca juga: