Uncategorized

Pengertian Pesediaan

Pengertian Pesediaan

Pengertian Pesediaan

Pengertian Persediaan menurut PSAK no.14 :

  • Tersedia untuk dijual dalam kegiatan usaha normal
  • Dalam proses produksi dan atau dalam perjalanan
  • Dalam bentik bahan atau perlengkapan untuk digunakan dalamproses produksi atau pemberian jasa.

Persediaan adalah sejumlah barang jadi, bahan baku, dan barang dalam proses yang dimiliki perusahaan dengan tujuan untuk dijual atau diproses lebih lanjut.

Perusahaan dagang yang aktivasinya adalah membeli dan menjual barang jadi, memiliki persediaan dalam bentuk barang jadi atau barang dagang. Sedangkan perusahaan manufaktur yang harus memroses bahan baku hingga menjadi barang jadi, memiliki tiga jenis persediaan, yaitu persediaan bahan baku,persediaan barang dalam proses dan persediaan barang jadi. Barang dagang yang berada digudang perusahaan tetapi bukan milik perusahaan dapat dikelompokkan sebagai persediaan.

2.2  Jenis – jenis Persediaan

Persediaan dapat dikelompokkan menurut jenis dan posisi barang tersebut di dalam urutan pengerjaan produk, yaitu (Assauri, 1998):

  1. Persediaan Bahan Baku (Raw Material Stock)

Merupakan persediaan dari barang-barang yang dibutuhkan untuk proses produksi. Barang ini bisa diperoleh dari sumber-sumber alam, atau dibeli dari supplier yang menghasilkan barang tersebut.

  1.  Persediaan Bagian Produk (Purchased Parts)

Merupakan persediaan barang-barang yang terdiri dari parts yang diterima dari perusahaan lain, yang secara langsung diassembling dengan parts lain tanpa melalui proses produksi.

Sumber :

https://tukangkonten.com/