Pendidikan Umum

Pengertian Hukum Perdata

Pada tahun 1814 Belanda mulai menyusun Buku Hukum Perdata (Civil Law) atau KUHS dari Belanda, berdasarkan kodifikasi hukum Belanda yang dibuat oleh J.M. Kemper disebut Ontwerp Kemper. Namun sayangnya Kemper meninggal pada tahun 1824 sebelum menyelesaikan tugasnya dan digantikan oleh Nicolai yang merupakan Ketua Pengadilan Tinggi Belgia.

Pahami Hukum Perdata

Secara umum Hukum Perdata adalah Hukum yang berhubungan dengan individu dalam masyarakat.

Secara umum pengertian hukum perdata lebih sering diidentikkan dengan arti berlawanan dengan pengertian hukum pidana. Artinya, jika hukum pidana adalah hubungan antara masyarakat dan negara atau terkait dengan hukum masyarakat, maka hukum perdata antara lain terkait dengan subjek hukum dalam masyarakat dan terkait dengan hukum pribadi. Hukum pribadi adalah hukum yang memiliki kepentingan dalam masyarakat.

Hukum perdata dapat dibagi menjadi hukum perdata material dan hukum perdata resmi. Materi hukum perdata berkaitan dengan tuntutan atau materi yang diatur dalam hukum perdata itu sendiri, namun hukum perdata resmi adalah hukum yang berkaitan dengan proses perdata atau syarat-syarat yang ditentukan dalam kaitannya dengan pelaksanaan hukum perdata itu sendiri, seperti mengajukan gugatan di pengadilan. Hukum perdata formal juga dikenal sebagai hukum acara perdata.

Makna Hukum Perdata luas dan sempit

Arti yang luas
Hukum perdata dalam arti yang paling penting adalah bahwa materi hukum yang terdapat dalam Buku Hukum Perdata (BW) adalah semua hukum dasar yang berkaitan dengan perorangan, serta Buku Hukum Perdagangan Wetboek van Koophandel (WVK) beserta hukum yang disebutkan oleh peraturan tambahan seperti peraturan yang terdapat dalam KUHPerdata, KUHD, serta peraturan tambahan (Undang-undang Pasar Modal, Undang-Undang di PT dan lain-lain).

Artinya sempit
Hukum perdata sempit adalah hukum perdata pilihan yang hanya terdapat dalam KUHP.

Memahami Hukum Perdata menurut Para Ahli

  1. Menurut Ridwan Syahrani, makna penggunaan Hukum Perdata dalam kaitannya dengan suatu keyakinan yang satu dengan yang lain dalam masyarakat yang mengedepankan pentingnya suatu pribadi (privat).
  2. Oleh Sudikno Mertokusumo: Hukum perdata adalah hukum antara individu yang memiliki hak dan kewajiban individu satu sama lain dalam hubungan keluarga dan dalam masyarakat. Dan implementasinya diserahkan kepada masing-masing pihak.
  3. Pengertian Hukum Perdata menurut Salim HS adalah bahwa semua peraturan baik tertulis maupun tidak tertulis berkaitan dengan satu subjek hukum dengan subjek hukum lainnya dalam hubungan keluarga dan dalam pergaulan inklusi.
  4. Pandangan Sri Soedewi Masjchoen Sofwan tentang Makna Hukum Perdata adalah hukum yang relevan antara satu warga dengan warga negara lainnya.
    Mata kuliah membagi pengertian Hukum Perdata menjadi dua pengertian:
  5. Pengertian Hukum Perdata yang paling penting adalah semua hukum (materi pribadi), artinya semua hukum dasar yang mempunyai kepentingan individu.
  6. Pengertian Civil Law dalam Art Narrow, digunakan sebagai musuh hukum perdagangan.

Sumber: http://blog.malavida.co.id