Pengertian Desain Industri

Pengertian Desain Industri


Table of Contents

Pengertian Desain Industri

 Pengertian Desain Industri
Pengertian Desain Industri

Desain industri merupakan salah satu elemen penting dalam proses pengembangan produk dimana kegiatan desain industri ini memiliki peranan cukup penting pada tiga fase dari keseluruhan enam fase yang terdapat pada proses pengembangan produk, yaitu fase pengembangan konsep, fase perancangan tingkatan sistem dan fase perancangan rinci.

Menurut Perhimpunan Desainer Industri Amerika (IDSA), desain industri  adalah  suatu  jasa  profesional  dalam  menciptakan  dan mengembangkan konsep dan spesifikasi suatu produk untuk mengoptimalkan fungsi-fungsi, nilai dan penampilan produk tersebut serta sistem untuk mencapai keuntungan yang mutual antara pemakai dan produsen.

Desain industri dalam proses pengembangan produk mencakup aspek- aspek dari produk tersebut yang berhubungan dengan pemakai seperti daya tarik estetika produk (tampilan, suara, perasaan dan baunya), daya tarik ergonomis dan interaksi produk dengan pemakainya (user interface) yaitu bagaimana cara penggunaannya.

Seorang desainer industri mengembangkan konsep dan spesifikasi dari sebuah produk melalui koleksi, analisa dan sintesis dari data berdasarkan kebutuhan dari klien atau produsen. Mereka dilatih untuk mempersiapkan rekomendasi dengan jelas dan ringkas melalui gambar, model dan deskripsi verbal.

Desain  industri  seringkali  harus  ditunjang  dengan  hubungan  kerja sama dengan anggota-anggota lainnya dalam tim pengembangan produk. Tim tersebut mencakup manajemen, pemasaran, engineering dan manufacturing sehingga seorang desainer industri harus dapat mengekspresikan konsep- konsep yang dapat mencakup semua kriteria desain yang ditentukan oleh tim.

Seorang desainer industri harus dapat menempatkan perhatiannya pada aspek-aspek  dari  suatu  produk  atau  sistem  yang  berhubungan  langsung dengan karakteristik, kebutuhan dan minat dari manusia. Hal ini memerlukan pemahaman atas kriteria visual, keamanan dan kenyamanan.

Selain itu seorang desainer industri juga harus memperhatikan proses teknik dan kebutuhan untuk produksi, kesempatan pemasaran dan hambatan ekonomi serta proses distribusi, penjualan dan pelayanan. Mereka harus memastikan bahwa desain yang direkomendasikan menggunakan material dan teknologi secara efektif dan tunduk kepada kebutuhan-kebutuhan yang legal dan sesuai peraturan.

Disamping  membuat  konsep  untuk  produk  dan  sistem,  desainer industri juga seringkali diminta untuk konsultasi atas bermacam-macam masalah yang berhubungan dengan imej klien mereka. Penugasan tersebut mencakup sistem identitas produk dan organisasi, sistem pengembangan komunikasi, perlengkapan iklan serta pengepakan dan lain-lain. Keahlian mereka diperlukan untuk membantu dalam pengembangan standar industri, pedoman peraturan dan prosedur quality control untuk meningkatkan operasi dan produk manufaktur.

Menurut Dreyfuss desain industri dari suatu produk dapat mengacu pada lima tujuan penting, yaitu:

ƒ  Kegunaan

Hasil produksi manusia harus selalu aman, mudah digunakan dan intuitif. Setiap ciri harus dibentuk sedemikian rupa sehingga memudahkan pemakainya mengetahui fungsinya.

ƒ  Penampilan

Bentuk, garis, proporsi dan warna digunakan untuk menyatukan produk menjadi satu produk yang menyenangkan.

ƒ  Kemudahan pemeliharaan

Produk harus juga didesain untuk memberitahukan bagaimana mereka dapat dirawat dan diperbaiki.

ƒ  Biaya-biaya rendah

entuk dan ciri memegang peranan besar dalam biaya peralatan dan produksi. Karena itu, hal ini harus diperhatikan secara bersama-sama oleh tim.

ƒ  Komunikasi

Desain produk harus dapat mewakili filosofi desain perusahaan dan misi perusahaan melalui visualisasi kualitas produk.

Penilaian Kualitas Desain Industri

Penilaian kualitas desain industri untuk produk yang sudah jadi adalah tugas subyektif yang sudah melekat namun kita dapat menentukan secara kualitatif apakah desain industri mngerjakan tujuannya dengan menimbang setiap aspek dari produk yang dipengaruhi oleh desain industri. Dibawah ini ada 5 kategori untuk mengevaluasi sebuah produk dimana kategori ini secara garis besar sesuai dengan 5 kritikan tujuan Dreyfuss yang ditulis di atas.

Sumber : https://busbagus.co.id/iron-blade-apk/