Umum

Pencemaran dan Penyakit-Penyakit Yang Mungkin Timbul Akibat Pertambangan

Pencemaran dan Penyakit-Penyakit Yang Mungkin Timbul Akibat Pertambangan

Dampak dari pertambangan adalah tercemarnya lingkungan dan dari tercemarnya lingkungan dapat berakibat terhadap penyakit-penyakit yang akan muncul. Pertambangan mengancam kesehatan dengan berbagai cara:

  1. Debu, tumpahan bahan kimia, asap-asap yang beracun, logam- logam berat dan radiasi dapat meracuni penambang dan menyebabkan gangguan kesehatan sepanjang hidup mereka. Kerusakan paru-paru yang diakibatkan debu dari batuan dan mineral adalah suatu masalah kesehatan yang banyak ditemukan. Debu yang paling berbahaya datang dari batubara, yang menyebabkan penyakit paru-paru hitam (black lung diseases).Di samping itu debu dari silika menyebabkan silikosis (silicosis) Gejala-gejala paru-paru yang rusak. Debu dari pertambangan dapat membuat sulit bernapas.Jumlah debu yang banyak menyebabkan paru-paru dipenuhi cairan dan membengkak.Tanda-tanda dari kerusakan paru-paru akibat terpapar debu antara lain:
  2. a)napas pendek, batuk-batuk,  napas yang berdesah
  3. b)batuk-batuk yang mengeluarkan  dahak kuning atau hijau (lendir dari paru-paru)
  4. c)sakit leher
  5. d)kulit membiru dekat kuping atau bibir
  6. e)sakit dada
  7. f)tidak ada nafsu makan
  8. g)rasa lelah
  9. Pencemaran air dan penggunaan sumberdaya air berlebihan dapat menyebabkan banyak masalah-masalah kesehatan
  10. Lahan dan tanah menjadi rusak, menyebabkan kesulitan pangan dan kelaparan
  11. Pencemaran udara dari pembangkit listrik dan pabrik-pabrik peleburan yang dibangun dekat dengan daerah pertambangan dapat menyebabkan penyakit-penyakit yang serius

 

3.1.Kesimpulan

Pertambangan memiliki dampak yang buruk terhadap lingkungan, karena  sumber daya alam yang diambil dapat merusak lingkungan alam, dari kegiatan tambang tersebut menghasilkan limbah-limbah yang merusak lingkungan dan berakibat penyakit-penyakit yang ada, dampak dari penyakit tersebut sangat berpengaruh terhadap kecelakaan yang terjadi di pertambangan. Tetapi dampak tersebut dapat dikurangi dengan cara penelolaan pertambangan yang tepat dan setelah pengelolaannya benar dapat berlanjut ke tahap penyehatan lingkungan yang telah rusak.

Sumber: https://pendidikan.co.id/jasa-penulis-artikel/