Tekno

Palapa Ring, asa baru internet cepat Indonesia

Palapa Ring, asa baru internet cepat Indonesia

Palapa Ring, asa baru internet cepat Indonesia

Pemerintah berkomitmen menuntaskan Palapa Ring sebagai infrastruktur tol langit kita, kata Presiden Joko Widodo saat meresmikan jaringan tulang punggung telekomunikasi di Indonesia.

Pembangunan infrastruktur Palapa Ring memerlukan jalan yang panjang hingga

diresmikan pada pertengahan Oktober lalu, menjelang pergantian masa jabatan Presiden Jokowi yang kedua.

Baca juga: Diresmikan hari ini, berikut 5 fakta tentang Palapa Ring

Konsep Palapa Ring sudah cukup lama digagas, Menteri Komunikasi dan Informatika periode 2014-2019 Rudiantara mengemukakan infrastruktur tersebut sudah direncanakan sejak 2005.

Wacana pembangunan Palapa Ring juga sempat mengemuka pada 2007, tapi gagasan besar untuk meratakan jaringan telekomunikasi, khususnya internet, di Indonesia itu baru menemukan jalannya pada 2015, pembangunan Palapa Ring dibagi menjadi Paket Barat, Tengah dan Timur.

Tol langit tersebut berupa penggelaran kabel serat optik sepanjang sekitar 13.000 kilometer, di darat dan laut.

Proyek ini berupa infrastruktur yang mengitari Pulau Sumatera

, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Sulawesi, Maluku dan Papua, serta delapan jaring penghubung dan satu cincin besar yang mengitari Indonesia, di darat dan laut.

Palapa Ring Barat, yang pertama dibangun, diluncurkan pada 15 Juni 2016, mencakup wilayah Riau, Kepulauan Riau dan Natuna, sepanjang 1.730 kilometer di laut dan 545 di darat. Paket ini selesai pada Maret 2018 lalu.

Paket Tengah ditujukan untuk Pulau Kalimantan, Sulawesi dan Maluku Utara,

berupa kabel serat optik sepanjang 1.706 kilometer di laut dan 1.289 di darat. Pembangunan Palapa Ring Tengah tuntas pada Desember 2018.

 

sumber :

https://pengajar.co.id/seva-mobil-bekas/