Tekno

Mengenal “suara ciptaan komputer” yang jadi trademark Stephen Hawking

Mengenal “suara ciptaan komputer” yang jadi trademark Stephen Hawking

Mengenal suara ciptaan komputer yang jadi trademark Stephen Hawking

Suara ciptaan komputer yang digunakan Stephen Hawking untuk berkomunikasi adalah trademark sang kosmolog agung yang sudah dikenal siapa pun di dunia ini. Suara robotik itu justru menegaskan dampak besar rahasia kosmologi yang dia temukan.

Teknologi di balik alat komunikasi dia itu terus diperbarui dari tahun ke tahun, yang membuat fisikawan agung ini bisa mengubah suaranya seperti suara mesin. Alih-alih Hawking menegaskan bahwa suara itu adalah suara aslinya karena suara itulah yang telah secara efektif menjadikan dirinya.

Ahli fisika teori tersohor sejagat yang meninggal dunia Rabu kemarin dalam usia 76 tahun itu

sudah kehilangan kemampuan berbicara selama kurang lebih tiga dekade silam setelah trakeostomi menjadi penyebab komplikasi pada penyakit sel saraf motorik yang didiognisis menyerang dirinya pada usia 21 tahun.

Trakeostomi adalah tindakan membuka dinding depan atau anterior trakea untuk mempertahankan jalan nafas agar udara dapat masuk ke paru-paru dan memintas jalan nafas bagian atas.

Dia kemudian mengaku kepada BBC pernah ingin bunuh diri dengan cara tidak bernafas

setelah dioperasi, tapi itu urung dilakukan karena “refleks untuk bernafas terlalu kuat (untuk dilawan)”. Hawking mulai berkomunikasi lagi dengan menggunakan alis matanya untuk menunjukkan huruf pada kartu ejaan.

Rekannya di Universitas Cambridge bernama Martin King kemudian

menghubungi perusahaan Amerika Serikat Words Plus yang mengembangkan program yang membuat penggunanya bisa memilih kata dengan menggunakan hand clicker (semacam alat penghitung seperti digunakan pramugari saat memeriksa jumlah penumpang pesawat), tulis majalah Wired pada 2014.

Program ini dikaitkan dengan awal pensintesis wicara yang mengubah tulisan atau teks Hawking menjadi bahasa lisan.

 

sumber :

https://cipaganti.co.id/metal-pro-apk/