Fashion Kesehatan Umum

Masalah Kulit Pria

Sama seperti wanita, pria memiliki masalah kulit wajah. Karena itu, kebanyakan dari mereka cenderung mengabaikan masalah sampai kondisi kulit mereka memburuk. Apa masalah kulit pada pria dan bagaimana kita bisa mengatasinya?

Berbagai masalah kulit yang sering dialami pria

Setiap orang harus memperhatikan kesehatan kulit. Alasannya, kulit menjadi benteng pertama yang melindungi Anda dari berbagai hal yang membahayakan tubuh. Karena itu, waspadalah terhadap masalah kulit yang sering dialami pria dan cara perawatannya.

1. Jerawat

Bagi kebanyakan pria, dapat diasumsikan bahwa zigzag berhenti ketika mereka mencapai pubertas. Padahal, jerawat bisa menyerang siapa saja kapan saja tergantung kondisi kulit yang sebenarnya.

Sama seperti wanita, jerawat pada pria juga disebabkan oleh perubahan kadar hormon yang menghasilkan minyak, sehingga pori-pori menjadi tersumbat. Akibatnya, kondisi ini menyebabkan tumbuhnya bakteri dan menyebabkan jerawat pada pria.

Selain itu, pria yang ingin berolahraga mungkin merasa lebih buruk tentang jerawat. Hal ini disebabkan produksi keringat berlebih dan membuat permukaan berminyak sehingga meningkatkan jumlah sinar.

Tapi kamu tidak perlu khawatir. Masalah kulit wajah yang satu ini dapat diatasi dengan menjaga kebersihan dan membuat beberapa kebiasaan.

Tips menghilangkan jerawat pada pria:

  • Pilih sabun cuci muka untuk pria yang cocok dengan kondisi kulit Anda.
  • Cucilah wajah Anda secara teratur dua kali sehari.
  • Gunakan kain lembut atau waslap.
  • Gunakan obat jerawat yang mengandung benzyl peroksida, asam salisilat atau retinol.

Jika Anda mencoba perawatan di atas selama 4-8 minggu dan tidak ada perubahan, Anda harus berkonsultasi dengan dokter atau dokter kulit.

2. Pembakaran balok

kulit dagu dicukur jerawat
Selain jerawat, masalah lain pada kulit wajah yang kerap dialami pria adalah luka bakar silet. Ladang terbakar adalah iritasi kulit yang sering terjadi pada pria yang baru saja mencukur jenggotnya.

Menurut Dr. Christopher G. Bunik, dokter kulit di Yale Medicine, memiliki kondisi ini karena beberapa hal, seperti:

Pisau cukur yang tidak terpotong, baik manual maupun listrik, menyebabkan dermatitis kontak.
Cukur terlalu dekat dan menyebabkan banyak gesekan pada permukaan.
Gunakan krim, gel, atau lotion cukur dengan bahan kimia dan pewangi yang membuat kulit lebih sensitif.
Tentu saja Anda masih bisa mengatasi masalah iritasi kulit setelah bercukur dengan mengubah beberapa kebiasaan Anda.

  • Tips untuk mengatasi luka bakar pisau cukur pria:
  • Gunakan krim atau lotion cukur tanpa aroma
  • Pilih pisau cukur dengan 4-5 bilah sehingga iritasi akan hilang dengan cepat.
  • Cukur agar tidak memperparah iritasi.

Oleskan krim dengan kortison atau lotion yang mengandung lidah buaya dan vitamin E untuk menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan.

3. Wajah cerah

Sumber: Kesehatan Pria
Banyak pria tidak peduli dan tenang ketika kulit mereka merah karena berjemur.

Bahkan, menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Inggris, kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa DNA mereka pada kulit mereka rusak. Selain itu, berjemur juga meningkatkan risiko kanker kulit.

Anda memang bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, tetapi paparan sinar UV di atas 10 jam tanpa perlindungan juga tidak baik untuk kulit Anda.

Karena itu, baik untuk pria maupun wanita, disarankan untuk menggunakan tabir surya atau tabir surya saat berada di luar ruangan untuk melindungi kulit mereka.

Kiat untuk merawat tanaman yang terkena sinar matahari:

  • Oleskan krim atau lotion yang mengandung vitamin E ke kulit dua kali sehari untuk mengembalikan kesehatan wajah.
  • Untuk hasil maksimal, minumlah suplemen vitamin E.

Tingkatkan perlindungan dengan mengenakan topi, lengan panjang atau payung yang dapat mengurangi paparan sinar matahari.

4. Mata panda

Bahkan, mata panda atau munculnya lingkaran hitam di sekitar mata menjadi masalah bagi hampir semua orang. Ini mudah bagi pria yang sering begadang di malam hari. Meski begitu, memiliki satu masih di luar jangkauan orang kebanyakan.

  • Penuaan
  • Insomnia
  • Warisan
  • Terkena sinar matahari

Keempat faktor ini membuat kulit lebih tipis dan mengurangi tingkat kolagen di kulit. Akibatnya, pembuluh darah di bawah mata menjadi terlihat dan kulit di daerah itu tampak lebih gelap.

Selain itu, faktor stres dan kurangnya makanan bergizi juga memperburuk mata panda, membuatnya terlihat lebih lelah dan jelas merusak penampilan Anda.

Karena itu, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah kulit wajah yang sering dialami orang ini.

Baca juga: