Kesehatan

Masalah Kesehatan yang Mengintai Freelancer

Beberapa orang lebih suka menjadi freelancer daripada bekerja di kantor. Menjadi pekerja paruh waktu adalah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Jam kerja fleksibel, mereka dapat bekerja di mana saja, dan kadang-kadang tidak selalu harus menghadiri pertemuan yang tidak produktif. Namun, ini tidak berarti menjadi pekerja lepas bukanlah masalah. Masalah terus berlanjut, salah satunya terkait kesehatan. Ayo, cari tahu masalahnya dan bagaimana cara melindungi tubuh Anda dari masalah kesehatan yang sering dialami sebagai freelancer.

Masalah dan cara menjaga kesehatan sebagai freelancer
Bekerja sebagai pekerja lepas memiliki kesenangan tersendiri. Namun, jika tidak hati-hati, ada masalah kesehatan yang bisa diatasi. Lihat masalah dan bagaimana menjaga kesehatan Anda sebagai pekerja lepas.

Bekerja secara sendiri

Beberapa orang suka menghabiskan waktu sendirian. Namun, bagi sebagian orang yang ingin bersosialisasi, ini bisa menimbulkan perasaan kesepian. Merasakan tekanan konstan dari orang-orang di luar. Stres yang berkepanjangan dapat mengganggu kesehatan mental freelancer.

Karena itu, luangkan waktu untuk berinteraksi dengan keluarga dan teman, apakah Anda menikmati menghabiskan waktu sendirian atau tidak. Bersenang-senang dengan teman dan keluarga juga bisa menjadi cara untuk menjaga kesehatan mental sebagai freelancer.

Jam tidur berubah dan kurang istirahat

Bekerja di tempat yang nyaman, seperti di rumah, menyenangkan. Namun, ini bisa mengarah pada kebiasaan, seperti menunda-nunda atau tidak mengkhawatirkan berapa lama Anda telah bekerja. Akibatnya, banyak pekerja sehari-hari terkadang memiliki pola tidur yang buruk.

Beberapa harus tidur larut malam dan bangun di pagi hari untuk menghadiri pertemuan yang diminta oleh klien. Jam tidur menjadi berantakan, kebutuhan istirahat yang cukup tidak terpenuhi. Kurang istirahat sering menjadi pemicu masalah kesehatan fisik dan psikologis.

Sebagai biaya, Anda dapat menjaga kesehatan Anda sambil mengatur waktu Anda dan berapa lama Anda ingin bekerja. Kemudian, jika Anda sudah tahu berapa lama tubuh Anda perlu tidur, teruslah disiplin ketika tiba waktunya Anda sehingga pola tidur Anda tidak terganggu.

Postur tubuh yang buruk

Salah satu keuntungan bekerja di kantor adalah beberapa perusahaan memiliki standar yang baik untuk lingkungan kerja. Misalnya, ia menyediakan meja dan kursi yang ergonomis. Ergonomis dalam hal peralatan yang dibuat untuk menjaga kesehatan fisik penggunanya, seperti kursi dengan ketinggian yang bisa disesuaikan atau penyangga di pinggang.

Ini bukan kasusnya atau di kedai kopi favorit. Duduk terlalu banyak di kursi yang tidak nyaman bisa membuat Anda merasa buruk. Menciptakan lingkungan kerja yang nyaman dapat menjadi cara untuk tetap sehat sebagai pekerja lepas. Anda dapat melakukan ini dari:

Ubah posisi duduk Anda secara teratur

  • Pilih kursi dengan bahu dan pinggang dan yang membuat kaki duduk di lantai
  • Pastikan ketinggian meja dan kursi menopang persendian agar tetap tegak
  • Saat menggunakan monitor komputer, jaga layar setidaknya di antara tangan dan mata Anda
  • Ketinggian layar juga harus sama dengan tampilan
  • Ketidakaktifan fisik

Sebagian besar pekerja biasa menghabiskan waktu bekerja dari rumah dan tidak harus pergi ke stasiun bus atau mencari transportasi. Ini membuat seseorang tidak aktif secara fisik. Ketidakaktifan fisik dapat menyebabkan rasa sakit di tangan, bahkan merupakan faktor risiko untuk masalah jantung.

Agar tubuh Anda tetap sehat, luangkan setidaknya 5 menit setiap jam untuk keluar dari pekerjaan. Dalam 5 menit itu, Anda dapat minum untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi. Itu bisa diregangkan atau diregangkan.

Jika Anda menghabiskan lebih banyak waktu bekerja dengan laptop, lakukan bagian yang berfokus pada pinggang dan punggung untuk mengurangi kelelahan di area tersebut. Selama istirahat, jalan-jalan ringan di sekitar rumah juga membantu menjaga kesehatan sebagai pekerja lepas.

Prihatin dengan ketidakpastian

Seorang freelancer mungkin tidak selalu memiliki lebih banyak klien setiap bulan. Ada waktu sibuk dengan banyak pekerjaan yang harus dilakukan, ada juga saat ada pekerjaan yang tenang. Penghasilan menjadi tidak pasti.

Mengingat jumlah pendapatan yang bervariasi setiap bulan, cara terbaik adalah mengatur keuangan dengan jelas, seperti memastikan bahwa kebutuhan dasar terpenuhi. Salah satu kebutuhan dasar menurut Abraham Maslow adalah kebutuhan akan keamanan yang mencakup kesehatan.

Karena itu, agar tetap terlindungi secara finansial ketika mereka terkena penyakit, pekerja lepas dapat mempertimbangkan asuransi kesehatan. Dengan begitu, ia tetap terlindungi ketika sesuatu yang tidak terduga terjadi.

Asuransi kesehatan dengan proses pembelian yang mudah mungkin merupakan pilihan yang tepat mengingat pekerjaan freelancer yang dinamis. Pastikan pilihan jatuh pada asuransi.

Baca juga: