Pendidikan

Macam – macam Blog

Macam – macam Blog

Macam – macam BlogMacam – macam Blog

Macam-macam blog secara umum adalah sebagai berikut:

  1. Blog pribadi, blog ini adalah blog yang paling populer yang digunakan agar seseorang bisa tampil dan menjalin berhubungan di internet.
  1. Blog budaya, berdiskusi tentang musik, seni, teater, dan berbagai budaya populer lainnya.
  2. Blog topikal, fokus pada topik-topik tertentu. Bisa yang sedang hangat atau biang tertentu.
  3. Blog bisnis, biasanya membicarakan tentang pasar saham dan berbagi topik bisnis lainnya.
  4. Blog ilmu pengetahuan, biasanya digunakan untuk medistribusikan data dan informasi.
  5. Mobile Blog, blog yang biasa digunakan untuk membicarakan tentang perangkat bergerak (mobile).
  6. Blog kolaboratif, blog jenis ini adalah untuk melakukan kerja bareng dengan orang lain. Setiap ide, perkembangan, masalah dan berbagai hal yang berhubungan dengan kerja bareng di tulis di blog kolaboratif.
  7. Blog penjualan, Anda bisa menjual berbagai produk melalui blog Silahkan tawarkan produk Anda pada blog Anda sendiri asal jangan blog orang lain.
  1. Forum Blog, bisa digunakan menjadi forum di internet. Ini bisa menggantikan peran forum yang selama ini kita gunakan. Meskipun demikian, forum yang biasa memiliki fitur yang lebih baik dari pada blog
  1. Direktori Blog, ini adalah blog yang digunakan sebagai direktori blog blog yang ada.
  2. Blog Dakwah,blog yang membicarakan tentang islam, baik itu tausiyah , tafsir ayat atau hadist, cerita hikmah, peringatan, anjuran, dan lain sebagainya. Yang pada intinya mengajak manusia kepada jalan yang lurus (islam).

 

Dilihat berdasarkan penulisnya blog, macam – macam blog dapat dibedakan atas :

  1. Blog Personal

Blog personal dikelola oleh perseorangan atau pribadi. Blog personal biasanya berisikan hal-hal yang menarik perhatian si blogger dan kemudian dikomentari oleh si pembaca blog tersebut yang biasanya juga orang-orang tersekat si blogger juga.

  1. Blog Corporate

Blog corporate dibuat berdasarkan tujuan bisnis. Biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan tertentu dengan tujuan membentuk brand, komunitas dengan pelanggan, atau kegiatan PR.

Berdasarkan media yang digunakan blog dibedakan atas :

  1. Blog yang terdiri atas kumpulan video, disebut vlog.
  2. Blog yang terdiri atas kumpulan link, disebut linklog.
  3. Blog yang terdiri atas kumpulan foto, disebut photolog.
  4. Blog yang terdiri atas kumpulan artikel dan menggunakan media campuran, disebut tumblelog.

 

  1. Berdasarkan topik yang dibahas dalam blog, dibedakan atas :
  2. Blog politik
  3. Blog ekonomi
  4. Blog fashion
  5. Blog pendidikan
  6. Blog spam

Keunggulan Penyedia Layanan BlogWordpress.com

 

Sebenarnya WordPress itu ada dua tipe. Pertama adalah yang ada di WordPress.com yang kapasitasnya sekitar 50 MB. Untuk mendapatkannya Anda cukup sign up ke WordPress.com dan mengikuti langkah-langkah yang ada. Cukup mudah dan cepat. Selain WordPress.com ada pula yang beralamatkan di WordPress.org.

 

Untuk mendapatkannya, Anda harus mendownload terlebih dahulu baru kemudian melakukan instalasi di web server yang Anda miliki. Kapasitasnya tergantung seberapa besar web hosting yang Anda sewa. Antara yang pertama dan kedua ada perbedaan yang amat mencolok yaitu disisi kustomisasi. Di WordPress.com, Anda tak bisa mengedit theme yang Anda gunakan karena emang di sana tak disediakan fasilitas theme editor sebagaimana kalau Anda menginstall WordPress di web server Anda sendiri.

 

Selain itu, Anda pun tak bisa menambahkan aneka plugin sebagai pelengkap sebab WordPress.com juga tak menyertakan plugin editor dan fasilitas untuk meng-upload plugin yang ada di internet. Fasilitas yang ada di WordPress secara umum sudah lumayan lengkap.

 

Ada fasilitas upload file (pdf, doc, file gambar, exe dll), penggantian bentuk link, pembuatan blogroll, penggantian theme/plugin, multi user dan sebagainya. Satu lagi yang unik dari WordPress adalah ketika kita sudah login di account WordPress, maka ketika kita akan memberikan komentar ke blog orang lain yang memakai WordPress juga, kita tak perlu menuliskan nama, alamat blog dan email karena udah otomatis sehingga menghemat waktu.


Sumber: https://dosenpendidikan.id/