Budaya Lokal dan Budaya Nasional


Budaya Lokal dan Budaya Nasional

Budaya Lokal
Budaya Lokal artinya kebudayaan yang tumbuh dan berkembang serta dimiliki dan dianggap oleh penduduk suku bangsa setempat. Budaya lokal tumbuh dan berkembang di dalam suatu penduduk suku atau area spesifik karena warisan turun temurun yang dilestarikan. Budaya area ini muncul selagi penduduk suatu area telah punya pola pikir dan kehidupan sosial yang sama, agar itu menjadi suatu normalitas yang membedakan mereka bersama penduduk-penduduk yang lain.

Budaya area merasa muncul berkembang di Indonesia terhadap zaman kerajaan-kerajaan terdahulu. Hal itu dapat dilihat dari langkah hidup dan interaksi sosial yang dilaksanakan masing-masing penduduk kerajaan di Indonesia yang tidak serupa satu serupa lain. Setiap suku bangsa yang tersebar di semua wilayah Indonesia mempunyai budaya yang tidak serupa pada yang satu bersama yang lainnya. Menurut pendapat para pakar terkandung tidak cukup lebuh 200 sampai 250 suku bangsa yang terkandung di Indonesia.

Budaya Nasional
Kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang berasal dari berbagai kebudayaan di area dan dianggap sebagai identitas nasional. Oleh karena itu proses perwujudan kebudayaan nasional mesti diintegrasikan dari unsur-unsur kebudayaan daerah. Dalam hal ini kebudayaan area berperan memperkaya kebudayaan nasional. Kebudayaan nasional adalah paduan dari budaya area yang berasal area yang ada di negara itu. Itu ditujukan budaya area yang mengalami asimilasi dan alkulturasi bersama area lain di suatu negara akan terus tumbuh dan berkembang menjadi kebiasaan-kebiasaan dari negara itu. Misalkan area satu bersama yang lain sesungguhnya berbeda, tapi jikalau dapat menghimpun perbedaan itu maka akan berlangsung budaya nasional yang kuat yang dapat berlaku di semua area di negara itu meskipun tidak seutuhnya dan juga tidak mengesampingkan budaya area itu.

Budaya nasional punya 2 fungsi utama, yaitu sebagai berikut;
Sebagai pedoman di dalam membina persatuan dan kesatuan bangsa bagi penduduk yang majemuk.
Sebagai pedoman di dalam pengambilalihan ilmu dan teknologi modern.

Budaya Nasional Indonesia
Kebudayaan nasional Indonesia adalah berbagai ragam kebudayaan lokal yang ada di area yang dimiliki, dilaksanakan dan dilestarikan oleh suku bangsa yang ada di Indonesia serta dianggap oleh semua bangsa Indonesia. Sehingga budaya nasional Indonesia dapat memberi makna bagi kehidupan berbangsa dan berkepribadian yang dapat dibanggakan sebagai identitas nasional. Contohnya Pancasila sebagai dasar negara, bahasa Indonesia dan lagu kebangsaan yang dicetuskan di dalam Sumpah Pemuda 12 Oktober 1928 yang diikuti oleh semua pemuda berbagai area di Indonesia yang membulatkan niat untuk menghimpun Indonesia bersama menyamakan pola pikir bahwa Indonesia sesungguhnya tidak serupa budaya tiap daerahnya tapi selalu di dalam satu kesatuan Indonesia Raya di dalam semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Terdapat 4 ketetapan arah dan tujuan pengembangan kebudayaan nasional Indonesia, yaitu sebagai berikut;
Kebudayaan nasional merupakan perpaduan puncak-puncak kebudayaan daerah.
Kebudayaan nasional merupakan perwujudan hasil upaya dan respon aktif penduduk Indonesia.
Pengembangan kebudayaan nasional mesti menuju ke arah kemajuan adab yang dapat mempererat persatuan dan kesatuan bangsa.
Tidak menutup barangkali untuk menyerap unsur-unsur kebudayaan asing yang cocok bersama nilai-nilai luhur Pancasila.

Demikianlah ulasan perihal “Budaya Lokal dan Budaya Nasional”, yang terhadap peluang ini dapat dibahas bersama lancar dan semoga ulasan selanjutnya dapat berguna bagi para pengunjung dan pembaca.

Baca Juga :