Pendidikan

Brand Association dari merek

Brand Association dari merek

Brand Association dari merek

Brand Association dari merek

Asosiasi dari merek adalah segala sesuatu yang terhubung kepada ingatan seseorang terhadap suatubrand. Suatu asosiasi dapat terkait dengan pandangan terhadap perceived quality dan positioning daribrand tersebut.

Sebelas tipe dari asosiasi terhadap suatu merek adalah atribut produk tersebut intangible, benefit, untuk pelanggan, harga yang relative terhadap pesaing, pemakai produk tersebut, celebrity, gaya hidup dan kepribadian, kelas dari produk, pesaing dan Negara atau area geografis

Asosiasi ini menjadi dasar dari keputusan beli dan loyalitas terhadap suatu brand. Asosiasi inimenciptakan nilai tersendiri pada perusahaan melalui:

  1. Membantu proses atau memanggil suatu informasi

Asosiasi yang tinggi akan membantu terutama pada saat pengambilan keputusan untuk membeli. Melalui asosiasi yang tinggi maka pelanggan dapat dengan mudah mengingat dan mengasosiasikan brandtersebut pada suatu kebutuhannya.

  1. Membuat brand tersebut terdiferensiasikan.

Suatu asosiasi yang terdiferensiasikan akan menjadi suatu keunggulan kompetitif yang utama. Asosiasiyang tinggi akan menjadi suatu penghalang bagi pesaing untuk menyerang brand tersebut.

  1. Membangun alasan untukmembeli.

Hadirnya brand association akan memberikan alasan yang kuat bagi pelanggan untuk mengkonsumsi produk tersebut.

  1. Menciptakan perasaanatau emosi yang positif.

Asosiasi akan menstimulasi emosi yang positif antara pelanggan dengan brand  tersebut.  Melalui  pengalaman  yang  diberikan  setelamengkonsumsi brand tersebut akan menambah kuat jalinanloyalitas pelanggan.

  1. Menyediakan basis untukmelakukan eksistensi brand.

Melalui asosiasi yang kuat sertperceived quality yang kuat maka brand eksistensi dapat diakukanuntuk memperkuat portfolio suatu perusahaan tanpa harus membuat dari awal.


Sumber: https://blogs.uajy.ac.id/teknopendidikan/seva-mobil-bekas/