Bandung Bisa Saja Jadi Silicon Valley

Bandung Bisa Saja Jadi Silicon Valley


Bandung Bisa Saja Jadi Silicon Valley

Bandung Bisa Saja Jadi Silicon Valley
Bandung Bisa Saja Jadi Silicon Valley

Menilik potensi yang dimiliki, Bandung bisa saja menjadi seperti silicon valley. Namun semuanya tergantung dari kebijakan pemerintah.

Banyaknya kampus berbasis teknologi seperti ITB, IT Telkom, Itenas, Politeknik Bandung ataupun Unikom, menjadi salah satu kekuatan dari Kota Bandung dalam hal teknologi. Belum lagi komunitas kreatif serta iklimnya yang sejuk dan kondusif, maka Bandung menjadi sangat cocok.

Dalam perbincangan santai dengan Nick Knupffer, Public Relation Intel Corporation di Kopi Selasar, Dago Pakar. Terungkap bahwa bisa saja Bandung menjadi semacam silicon valley. “Bisa saja. Di sini banyak universitas. Kenapa tidak,” katanya, Rabu (26/5/2010) petang.

Senada dengannya, Dhyoti Rororasmi Basuki, PR Manager Intel Indonesia mengatakan bahwa hal tersebut bisa saja terjadi. Namun harus didukung dari kebijakan pemerintahnya. “Ini bisa saja. Tapi tergantung dari kebijakan pemerintahnya,” tambahnya.

Disinggung apakah Intel melirik Indonesia menjadi salah satu tempat untuk merakit chip, mengingat di Asia sudah ada beberapa pabrik perakitan chip Intel. Dengan diplomatis Dhyoti menjawab bahwa untuk mendiriakan pabrik di suatu negara banyak sisi yang harus dilihat.

“Dan yang jelas kebijakannya itu ada di korporat. Pembicaraannya dengan pemerintah pusat,” katanya.

Saat ini pabrik perakitan chip Intel sudah ada di Penang, Malaysia dan Vietnam. Sedangkan di India ada Chip Desain Center.

Sumber : https://merpati.co.id/