Tekno

80% Faktor Risiko Skizofrenia Disebabkan Gen

80% Faktor Risiko Skizofrenia Disebabkan Gen

80% Faktor Risiko Skizofrenia Disebabkan Gen

80% Faktor Risiko Skizofrenia Disebabkan Gen
80% Faktor Risiko Skizofrenia Disebabkan Gen

SKIZOFRENIA merupakan gangguan mental yang mengganggu proses berpikir

dan lemahnya tanggapan emosi. Hingga saat ini belum diketahui pasti penyebabnya, termasuk pengaruh genetika dan faktor lingkungan. Namun, baru-baru ini sebuah penelitian mengklaim hampir 80% faktor risiko skizofrenia disebabkan gen. Peneliti dari pusat penelitian skizofrenia neuropsikiatri di Rumah Sakit Universitas Kopenhagen melakukan sesuatu yang unik dalam penelitian tersebut. Mereka menggunakan pasien kembar sebagai objek penelitian. Dalam penelitian yang dikenal sebagai studi kembar cohort, mereka meneliti kembar identik dan kembar nonidentik.

Menurut Layanan Kesehatan Nasional (NHS), kembar identik memiliki 100% gen

yang sama dan kembar nonidentik memiliki sekitar 50% gen yang sama di antara mereka. Ketika status kesehatan pasien kembar identik lebih mirip jika dibandingkan dengan kembar nonidentik, faktor gen dianggap lebih berpengaruh. Pada saat sudah memasuki tahap kasus skizofrenia, telah diketahui faktor genetik memengaruhi kedua kembar identik tersebut sekitar 41% hingga 61% dari total kasus. Sementara itu, pada pasangan kembar nonidentik, angka tersebut turun menjadi 0% hingga 28%.

Studi tersebut menganalisis data kesehatan hampir 32 ribu pasang

pasien kembar yang lahir hingga tahun 2000. Beberapa di antara mereka identik, beberapa lainnya tidak identik. Para peneliti menemukan sekitar 1% di antara pasien telah terkena skizofrenia dan sekitar 2,5% pasien memiliki gangguan seperti skizofrenia. Pada kasus kembar identik, jika salah satunya menderita, yang lain pun berisiko sebesar 33%. Sementara itu, pada kasus kembar nonidentik, ketika salah satunya menderita, kemungkinan bagi kembarannya menurun sebesar 7% hingga 9%.

 

Baca Juga :