5 Cara Lacak Nomor IMEI Smartphone

5 Cara Lacak Nomor IMEI Smartphone


5 Cara Lacak Nomor IMEI Smartphone

 

5 Cara Lacak Nomor IMEI Smartphone
5 Cara Lacak Nomor IMEI Smartphone

Setiap ponsel yang diproduksi

oleh produsen, baik itu ponsel murah hingga smartphone canggih memiliki identitas khusus yang biasa dikenal sebagai IMEI (International Mobile Equipment Identity). Nomor IMEi biasanya terdiri dari 15 sampai 16 digit dan operator seluer menggunakannya untuk mengetahui perangkat yang terhubung ke jaringan.

Selain itu, fungsi IMEI juga bisa digunakan untuk memblokir ponsel yang sudah dicuri dari suatu jaringan hingga melacak ponsel tersebut. Karena IMEI ini dianggap salah satu hal yang cukup penting. Kalian perlu tahu bagaimana lokasi IMEI agar suatu saat mudah untuk menemukannya. Kira-kira dimana saja tempat IMEI berada?

1. Menekan *#06

Cara ini terbukti ampuh untuk menemukan lokasi IMEI. Bukan hanya bisa digunakan pada smartphone modern, menekan kombinasi tombol *#06# di menu panggilan telepon memang sudah bisa dilakukan di ponsel lawas dan secara otomatis nomor IMEI akan muncul di layar.
2. Menu setting

Baik smartphone dengan sistem operasi Android atau iOS umumnya sudah menyertakan nomor IMEI yang bisa ditemukan di menu setting. Cara nya cukup mudah, untuk perangkat iPhone bisa mengakses di menu Setting > General > About. Sedangkan untuk Android di Setting > About Phone > Status (namun letaknya mungkin berbeda tergantung merek smartphone).
3. Tercetak di belakang

Beberapa vendor

 

smartphone memang sengaja mencetak nomor IMEI di bagian belakang, seperti contohnya Samsung Galaxy S7 dan iPhone 6. Namun saat ini yang terjadi kebalikannya, mereka ingin membuat bagian belakang smartphone menjadi sebersih mungkin.
4. Kotak penjualan

Di setiap kotak penjualan terdapat beragam informasi khusus mengenai smartphone tersebut. Kalian bisa melihat sekeliling kotaknya makan akan menemukan nomor IMEI beserta serial numbernya. Nomor IMEI yang ada di kotak biasa digunakan untuk mempermudah penyortiran penjualan atau ketika smartphone hilang.

Baca juga :