UI Masuk Top 100 Emerging Economies University Rangking

UI Masuk Top 100 Emerging Economies University Rangking


UI Masuk Top 100 Emerging Economies University Rangking

UI Masuk Top 100 Emerging Economies University Rangking
UI Masuk Top 100 Emerging Economies University Rangking

 

 

 

Universitas Indonesia (UI) meraih peringkat ke-82 di Times Higher Education (THE) pada tingkat negara berkembang (emerging economies) di dunia. UI menjadi kampus satu-satunya di Indonesia yang masuk Top 100 Emerging Economies University Ranking.

Lembaga Pemeringkatan Perguruan

Tinggi Dunia Times Higher Education (THE) kembali merilis daftar Emerging Economies University Rankings 2019 melalui laman https://www.timeshighereducation.com. Kali ini, UI berhasil menduduki peringkat ke-82 bersama dengan Beijing Institute of Technology. Pemeringkatan dilakukan terhadap 442 Perguruan Tinggi dari 43 negara berkembang di dunia.

Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristek Dikti Ismunandar menyampaikan selamat kepada UI atas raihan prestasi tersebut. Ismunandar berharap UI bisa lebih maju dalam tridarma pendidikan, yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

Dari saya berharap keunggulan pembelajaran

dan lingkungan pembelajaran di universitas yang prestasinya diakui ini bisa dibagi ke universias lain melalui tukar pengalaman dan pembelajaran online misalnya,” katanya kepada KORAN SINDO kemarin.

Guru besar termuda ITB ini menjelaskan, dengan adanya prestasi ini maka dunia pendidikan internasional pun semakin diakui di mancanegara. Ismunandar mengakui, dari ribuan perguruan tinggi di Indonesia arah peningkatan prestasinya tentu tidak semua sama. Ada yang mengarahkan prestasinya ke ranah internasional dan juga masuk di kancah nasional.

“Namun kementerian juga mendorong

universitas-universitas lain untuk punya keunggulan di pendidikan dan penyelesaian masalah lokal. Masing-masing punya misi yang sedikit berbeda” ucap Ismunandar.

Rektor UI Muhammad Anis mengaku sangat bangga Kampus UI menjadi perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil meraih peringkat ke-82 dalam kancah pemeringkatan universitas terbaik di Negara Berkembang.

Pencapaian ini adalah bukti bahwa Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mampu bersaing dengan perguruan tinggi lainnya di dunia. Dengan prestasi ini, diharapkan, nama baik pendidikan di Indonesia dapat terus dikenal oleh masyarakat dunia sehingga bertambah banyak jumlah mahasiswa asing yang ingin menikmati perkuliahan di negeri ini,” jelasnya.

Ini adalah tahun ke-empat negara Indonesia masuk ke dalam pemeringkatan THE. Lembaga pemeringkatan ini secara konsisten menitikberatkan indikator penilaian berdasarkan Performa Pengajaran (kegiatan belajar mengajar), Penelitian, Transfer dan Sharing Keilmuan serta Cakupan Internasional sebuah universitas. Saat ini performa UI semakin meningkat tampak dari penilaian lembaga pemeringkatan bergengsi dunia.

 

Sumber :

http://student.blog.dinus.ac.id/blogtekno/penjelasan-fungsi-kulit/