Tips Mengajarkan Sholat pada Anak Usia Dini


Sebagai orangtua pastinya Anda semua ingin agar anak-anak Anda nanti jadi anak sholeh dan sholehah. Pastinya tak ada satu pun orangtua yang ingin anaknya terjerumus dan juga terperosok di jalan yang tak benar, yang selalu disebarkan oleh setan, musuh kita semuanya sebagai umat beragama Islam.

Tips Mengajarkan Sholat pada Anak Usia Dini
Tips Mengajarkan Sholat pada Anak Usia Dini

Cara yang paling tepat untuk bisa membentengi diri pada setan adalah dengan mendirikan sholat. Untuk itulah sangat penting sekali bagi para orangtua mengajarkan atau pun mendidik buah hati tercinta cara sholat yang benar sejak usia dini. Berikut ini kami ulaskan kepada Anda semuanya tentang cara atau pun tips ajarkan sholat pada anak usia dini sebagai panduan Anda saat mengajarkan sholat pada buah hati tercinta.

Tips mengajarkan sholat pada anak usia dini

Pada saat anak memasuki usia sekolah, yakni sekitar 7 tahun, maka mulailah anak untuk siap masuk masa untuk mempelajari tata sholat yang baik dan benar. Yang pastinya juga tentang cara berwudhu yang benar, sebab yang demikian ini adalah salah satu bagian dari cara mengajarkan anak sholat. Beberapa cara yang bisa dilakukan pada fase yang satu ini adalah mengajarkan rukun sholat lewat pendekatan prakter secara langsung. Mislanya saja pada waktu sholat para orangtua ajak anaknya untuk langsung melakukan sholat bersama dengan bimbingan. Dimulai dari tata cara thaharah dan wudhu pada anak, serta bagaimana bentuk barisan dalam sholat, maupun menghafalkan doa-doa secara bertahap.

Dan harus Anda ingat bahwasannya pastinya mendidik atau mengajarkan anak sholat bisa dilakukan dengan cara yang dapat diterima oleh anak-anak seumurannya, dan juga jangan yang terlalu untuk dipaksakan. Sebab memang berberbeda dengan mengajarkan serta mendidik anak dengan berbagai maupun tahapan usia sendiri.

Di setiap pencapaian anak belajar sholat ini adalah sebuah prestasi baginya. Sehingga sudah semestinya Anda sebagai orangtuanya memberi penghargaan. Penghargaan ini tak hanya diberikan atas dasar prestasi akademik formal, akan tetapi hendaknya penghargaan diberikan saat anak mengerjakan sholat 5 waktu atau pun bisa membaca ayat-ayat Al-quran. Sudah menjadi kewajiban bagi orangtua untuk mendidik atau mengajarkan anak-anaknya adalah termasuk ke dalam hal yang seperti ini.

Penghargaan sebagai bentuk dari ekspresi supaya sih anak tahu bahwasannya hal tersebut memang benar sebuah prestasi yang sangat membanggakan dan sekaligus membahagiakan orangtuanya. Dengan adanya penghargaan ini akan dapat menumbuhkan sikap saling menghargai. Bila orangtuanya sendiri bisa menghargai prestasi anak dalam masalah ibadah, maka anak pun juga akan menghargai ibadah itu sendiri.

Demikianlah tips mengajarkan sholat pada anak usia dini yang bisa kami informasikan. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi ya bund. referensi : https://www.sekolahbahasainggris.com/