Tips Mendidik Balita yang Baik


Tahapan balita umumnya tumbuh mulai dari 12 bulan. Yang mana semuanya bagi mereka merupakan sesuatu yang baru dan juga menjadikan mereka penasaran. Pengajaran atau pendidikan yang benar serta tepat memungkinkan untuk belajar yang lebih mudah dan cepat. Bila Anda memang tak mendidik balita tersayang Anda dengan baik, maka pada saat mereka masih mudah akan sangat sulit sekali bila Anda ingin memperbaikinya.

Tips Mendidik Balita yang Baik
Tips Mendidik Balita yang Baik

Jadi, kenapa tak mulai mendidik balita Anda dari sekarang? Tak pernah terlalu dini kok untuk memulai pendidikan. Ingat, balita merupakan anak kecil, dia nyaris tak mengerti Anda. Jadi, di sini Anda juga harus lebih bersabar dan telaten. Mulailah mendidik balita dengan mengajarkan beberapa hal berikut ini.

 

Tips mendidik balita yang baik

Didik balita tata krama

Tiap kata yang Anda ucapkan atau pun tiap tindakan yang Anda lakukan nantinya akan diingat serta diikuti. Anda bisa mendidik balita Anda tata krama yang sederhana. Misalnya saja jika Anda ingin balita untuk memberikan sesuatu hal, maka Anda dapat mengarahkan kepada objek serta mengatakan tolong. Dan saat objek diberikan pada Anda maka ucapkan terima kasih. Pada saat Anda sedang marah, ingat untuk tak mengatakan kata-kata yang kasar di depan anak Anda.

Didik balita tentang warna

Belajar warna memang bisa sangat menyenangkan bagi balita. Mengumpulkan beberapa mainan warna atau pun bola untuk bermain. Pilihlah mainan serta minta anak Anda untuk sebutkan nama warna bila dia tak bisa menjawab, maka Anda bisa memberitahu anak Anda jawaban yang benar. Dan ulangilah proses satu ini hingga balita Anda bisa mengenali warna tersebut.

Didik balita untuk berjalan

Langkah berjalan yang paling tepat adalah suatu keharusan untuk bisa hindari adanya perubahan struktur tubuh. Pada saat balita Anda mulai merangkak, kemudian ke posisi berdiri, maka bantu dia untuk bisa berjalan dengan cara berpegangan pada tangan. Pastikan bahwasannya balita Anda tak bungkuk saat berjalan.

Didik balita untuk makan

Apabila balita Anda diajarkan atau dididik untuk makan di waktu tepat, maka nantinya mereka tak akan meminta diantara makanan ringan kecuali mereka memang benar-benar lagi lapar.

Didik balita untuk tidur

Didik balita Anda untuk tidur yang lebih awal dan pastikan mereka mempunyai waktu tidur cukup. Biasakan supaya balita Anda bisa tidur di siang hari, Anda mungkin saja memerlukan botol susu, dot tak dianjurkan, bercerita dan apa pun yang dapat menjadikan balita Anda tidur. Pada saat balita sudah tertidur lelap, maka Anda juga bisa tidur lelap di malam hari.

Demikianlah tips mendidik balita yang baik, yang bisa kami informasikan untuk Anda. Semoga bisa bermanfaat. sumber : www.dosenpendidikan.com