Mengenal 18 Cabang Ilmu Biologi


Mengenal 18 Cabang Ilmu Biologi

apakah di antara anda ada yang menyukai mata pelajaran Biologi? Tahukah anda bahwa ternyata, ilmu Biologi mempunyai cakupan yang terlampau luas, lho! Begitu luasnya cakupan ilmu tersebut, memicu ilmu biologi ini dibagi menjadi berbagai macam cabang yang diklasifikasikan berdasarkan objek kajian berasal dari tiap-tiap cabang ilmu tersebut. Mau tahu apa saja sih cabang-cabang ilmu biologi itu, yuk liat artikelnya di bawah ini!

1. Genetika

Pada cabang ilmu biologi ini, anda dapat mempelajari berkenaan gen, materi genetik (DNA dan RNA), dan pewarisan sifat berasal dari induk kepada keturunannya serta persilangan gen. Pernah nggak sih anda bertanya-tanya kenapa warna kulitmu bisa serupa dengan warna kulit ibumu? Hmm, dengan mempelajari ilmu ini, anda bisa mendapatkan jawabannya, lho.

2. Sitologi

Pada ilmu sitologi, anda bisa mempelajari unit penyusun semua makhluk hidup. Apakah itu? Yup! Itu adalah sel. Mulai berasal dari susunan dan organel sel, pemisahan sel, jalinan antar sel, daur hidup sel, hingga kematian sel semua dibahas dalam ilmu ini. Gimana, seru kan?

3. Histologi

Histologi adalah ilmu yang mempelajari berkenaan jaringan terhadap makhluk hidup, layaknya jaringan epitelium, jaringan pengikat, jaringan penyokong, jaringan saraf, dan masih banyak lagi. Nah, bagi anda yang idamkan masuk jurusan kedokteran, ilmu ini terlampau berguna untuk dipelajari lho, Squad.

4. Anatomi

Selain histologi, anatomi terhitung penting untuk dipelajari dalam dunia kedokteran. Pada ilmu ini, anda bisa mempelajari berkenaan susunan tubuh dalam berasal dari makhluk hidup. Squad, jika anda menyimak susunan lidah kalian, tentu anda dapat lihat tonjolan-tonjolan halus yang ada di permukaan lidahmu yang disebut papila.

5. Morfologi

Berlawanan dengan anatomi, jika dalam morfologi anda dapat mempelajari berkenaan susunan tubuh luar berasal dari makhluk hidup. Kamu penasaran nggak sih kenapa di telapak kaki kucing terkandung bantalan yang berwarna pink? atau apa sih yang memicu paruh dan kaki burung mempunyai bentuk yang berbeda-beda? Tenang Squad, Morfologi bisa menjawab semua rasa penasaran kalian, kok.

6. Fisiologi

Pada ilmu Fisiologi, anda dapat mempelajari berkenaan manfaat tubuh baik secara anatomi maupun morfologi Squad. Pernahkah kalian mendengar berkenaan fisioterapi? Fisioterapi terhitung anggota berasal dari Fisiologi, lho! Hayo, ada yang tahu jika fisioterapi itu bikin menyembuhkan apa?

7. Ekologi

Pada ilmu ini, anda dapat mempelajari berkenaan jalinan yang berlangsung antara makhluk hidup dengan lingkungannya maupun jalinan antar sesama makhluk hidup di muka bumi lho, Squad. Gambar di bawah ini merupakan salah satu bentuk jalinan yang saling beruntung antara anemon laut dengan ikan badut.

8. Taksonomi

Pada ilmu Taksonomi, anda dapat mempelajari berkenaan pengklasifikasian atau penggolongan makhluk hidup. Penggolongan ini tidak ditunaikan secara sembarangan lho, melainkan didasarkan terhadap hierarki atau tingkatan tertentu.

Beliau lah yang pertama kali memperkenalkan ketujuh hierarki selanjutnya lho, Squad. Masih ingatkah anda dengan rangkaian berasal dari ketujuh hierarki itu?

9. Evolusi

Mendengar kata evolusi, apakah anda teringat dengan Bapak Teori Evolusi yakni Charles Darwin? Ternyata, Evolusi terhitung kedalam cabang ilmu biologi juga, lho. Pastinya, ilmu ini menjadi salah satu materi yang paling menarik untuk dipelajari karena mengkaji berkenaan pergantian makhluk hidup berasal dari generasi ke generasi.

10. Mikrobiologi

Mikrobiologi adalah cabang ilmu Biologi yang mempelajari berkenaan mikroorganisme, layaknya bakteri, protozoa, fungi, alga mikroskopik, dan archaea. Dalam mempelajari ilmu ini, anda dapat gunakan mikroskop karena objek yang dicermati berukuran terlampau kecil. Hayo, ada yang telah pernah gunakan mikroskop?

11. Zoologi

Jika dalam ilmu Sosial kalian studi berkenaan prilaku manusia, maka di cabang ilmu biologi ini anda bisa mempelajari berkenaan klasifikasi serta prilaku hewan

Tahukah kamu, jika bayi penyu yang baru lahir bisa mendapatkan jalannya sendiri untuk kembali ke laut tanpa dukungan berasal dari orang tua mereka? Kamu bisa temukan jawabannya terhadap ilmu ini nih, Squad. Bagaimana, menarik bukan?

12. Botani

Botani merupakan salah satu cabang ilmu Biologi yang mempelajari berkenaan tumbuhan meliputi jenis, struktur, persebaran, dan klasifikasinya. Ilmu ini terlampau berguna dalam dunia pertanian lho karena kami bisa tahu karakteristik berasal dari berbagai macam model tumbuhan.

13. Virologi

Apa yang anda hiraukan saat mendengar kata virus? Mungkin di antara anda banyak yang mengayalkan berkenaan penyakit-penyakit beresiko yang disebabkan oleh virus, ya. Salah satu cabang ilmu Biologi yang mengkaji berkenaan virus meliputi struktur, reproduksi, dan peranannya adalah virologi.

14. Bakteriologi

Ternyata tidak semua bakteri berupa patogen (merugikan inangnya) lho, Squad. Bakteri terhitung bisa berguna bagi kehidupan manusia salah satunya dalam hal fermentasi. Salah satu cabang ilmu Biologi yang khusus mempelajari berkenaan bakteri adalah bakteriologi. Pada ilmu ini, anda bisa mempelajari berkenaan struktur, reproduksi, hingga manfaat bakteri tersebut.

15. Mikologi

Squad, pastinya anda pernah lihat terdapatnya jamur terhadap makanan yang telah kadaluarsa, beberapa jamur yang tumbuh di pohon, lebih-lebih ada terhitung jamur yang bisa kalian makan, kan? Ternyata, jamur-jamur selanjutnya berasal berasal dari model yang berbeda, lho. Di dalam cabang ilmu biologi ini anda bisa mempelajari berkenaan berbagai macam model jamur meliputi struktur, reproduksi, serta peranannya, nih.

16. Ornitologi

Cabang ilmu biologi yang satu ini khusus mempelajari berkenaan burung. Pada ilmu ornitologi, anda tidak cuma mempelajari berkenaan pengklasifikasian model burung saja, melainkan anda terhitung bisa tahu prilaku burung tersebut. Di sini, siapa yang di rumahnya pelihara burung?

17. Entomologi

Tahukah kamu, jika serangga merupakan organisme dengan jumlah populasi paling banyak dan banyak ragam di bumi? Keberagaman inilah yang memicu serangga menjadi object yang menarik untuk dibahas lho, Squad. Dalam cabang ilmu biologi, terkandung ilmu yang khusus mempelajari berkenaan serangga, yakni entomologi. Di sini, anda bisa tahu berkenaan jenis, klasifikasi, perilaku, lebih-lebih persebaran semua serangga yang hidup di bumi.

18. Mamologi

Sementara itu, mamologi mempelajari berkenaan mamalia yang ada di bumi. Ilmu ini menarik banget untuk anda pelajari lho karena bisa meningkatkan ilmu ilmu anda berkenaan segala jenis, klasifikasi, perilaku, lebih-lebih persebaran hewan menyusui tersebut.

Setelah anda membaca artikel ini, saat ini anda menjadi bisa tahu kan jika ilmu biologi mengkaji semua makhluk hidup yang ada di bumi menjadi berasal dari organisme berukuran mikro hingga organisme terbesar di bumi. Oh ya, seiring berkembangnya teknologi, pastinya cabang-cabang ini dapat konsisten bertambah.

Baca Juga :