Mengajarkan Anak Belajar Huruf Sembari Bermain


Mengajarkan anak mengenal huruf adalah sebuah proses yang bisa Anda mulai sejak usia dini. Mulai dengan membacakan sebuah cerita sejak anak Anda hadir di tengah keluarga. Hal yang demikian ini nantinya tak hanya bisa ciptakan bonding atau pun ikatan antara ibu dengan anak, akan tetapi juga bisa menanamkan kecintaannya pada buku. Menikmati kegiatan baca adalah salah satu faktir yang bisa memprediksi kesuksesannya di sekolah.

Mengajarkan Anak Belajar Huruf Sembari Bermain
Mengajarkan Anak Belajar Huruf Sembari Bermain

Ada banyak sekali para orangtua yang salah paham di dalam mengajarkan anaknya belajar kenal huruf dari usia tertentu. Mereka membeli flash card atau pun DVD yang mengklaim dapat mengajarkan anak kenal huruf, kemudian meminta anaknya belajar berulang kali tanpa henti. Akan tetapi, hal yang demikian ini ada baiknya jangan Anda lakukan, biarkan saja anak Anda jadi anak-anak dan belajar dari pengalaman bermainnya sehari-hari.

Tips mengajarkan anak belajar huruf sembari bermain

  • Bacakan saja minimal 1 buku kepada anak Anda di setiap hari, bahkan pada saat dia masih sangat kecil. Ketika anak Anda sudah semakin besar, Anda bisa menambah waktu dan juga kuantitas buku untuk dibacakan. Jadikan membaca bersama anak jadi salah satu kegiatan keluarga yang menyenangkan untuk setidaknya 20 menit di setiap harinya.
  • Untuk bagi sampai usia sekitar 1 tahun, Anda bisa membacakan lagi pengantar tidur, board book, atau pun buku dari bahan kain dengan banyak tekstur.
  • Jangan lupa untuk mengajukkan pertanyaan pada saat membacakan buku pada anak Anda, yang demikian ini bertujuan untuk merangsang anak berinteraksi dengan Ajukan saja pertanyaan yang seperti ini “adik lihat kelinci ini sayang”, sembari menunjuk gambar sih kelincu, anak Anda nantinya akan bertambah kosa katanya dan juga mendorongnya untuk dapat berinteraksi dengan buku pada saat membaca.
  • Pada saat anak Anda semakin besar, mintalah dia untuk menunjuk sendiri benda pada buku dan membuat suara binatang yang dia lihat. Ketika anak Anda sudah berusia sekitar 2 atau 3 tahun, mulailah bertanya sebelum, selama, dan juga sesudah membaca buku.
  • Selain itu, Anda juga bisa menunjukkan pada anak Anda bahwasannya membaca merupakan seesuatu yang bahkan sangat diperlukan oleh orang dewasa. Tanpa model yang dia lihat, ketertarikan anak Anda akan segera berkurang. Apabila Anda kurang suka membaca, setidaknya usahakan supaya anak Anda melihat Anda membaca, setidaknya beberapa menit di setiap harinya. Seiring berjalannya waktu, anak Anda nantinya juga akan suka dengan kegiatan baca tersebut.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan tentang tips mengajarkan anak belajar huruf sembari bermain. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat. sumber : https://www.gurupendidikan.co.id/contoh-surat-kuasa/