Kini, Teks dan Telepon Skype Dipasangi Pengaman


Kini, Teks dan Telepon Skype Dipasangi Pengaman

Pada Januari lalu, Skype sesumbar sedang menguji jajaki fitur pembicaraan teks dan panggilan yang terenkripsi end-to-end. Enkripsi atau pengamanan memakai Signal Protocol memakai Open Whisper Systems.

Berbulan – bulan diuji coba, kesudahannya fitur itu mulai terdapat di seluruh pemakai platform Skype, yaitu Android, iOS, Linux, dan Windows Desktop. Chat yang terenkripsi dapat dicoba di fitur “Private Conversation” yang dapat ditemukan di menu “compose” atau dapat juga dari profile akun yang bakal dikirimi pesan. Metode enkripsi dibutuhkan supaya pesan yang terkirim tidak mudah dihadang atau disadap di tengah-tengah, mulai dari ketika dikirim sampai diterima.

Nantinya, masing-masing kali pengirim memakai Private Conversation, penerima pesan bakal mendapatkan suatu undangan. Setelah undangan diamini oleh www.pro.co.id si penerima pesan, maka seluruh panggilan dan pesan yang terdapat di pembicaraan akan terenkripsi end-to-end hingga pemakai menyelesaikan percakapan.

Untuk menyelesaikan percakapan rahasia lumayan bertahap-tahap. Pertama, klik unsur atas chat, lantas pergi ke “chat setting” dan pilih “end private conversation”. Jika hendak memulai pembicaraan rahasia dengan akun yang sama, lumayan kirim undangan baru lagi.

Sementara untuk mengawali panggilan terenkripsi, metodenya hampir sama. Buka Privat Conversation atau pilih yang telah ada, kemudian pilih tab “Private” yang terdapat di atas percakapan. Lantas klik tombol “Private Call”.

Pengguna juga dapat menghapus riwayat pembicaraan rahasia. Caranya, klik unsur atas chat, pergi ke menu “setting” kemudian pililh “delete private conversation”. Sayangnya, dikutip dari The Verge, pemakai hanya dapat melakukan satu pembicaraan rahasia memakai satu perangkat.

Percakapan rahasia dapat saja dipindahkan ke perlengkapan baru, tapi seluruh pesan dan panggilan yang mereka kirim dan terima tidak dapat ditransfer dari perlengkapan yang dipakai sebelumnya.

Enkripsi ini agaknya bertolak belakang dengan yang berlaku di platform lain laksana WhatsApp. Sebab enkripsi dalam Skype sifatnya opsional, bukan mempunyai sifat default. Namun tidak terdapat salahnya guna mengandalkan fitur enkripsi ini demi ketenteraman percakapan yang sensitif.