Benarkah Perempuan Lebih Banyak Alami Obesitas Dibandingkan Laki-laki?


Benarkah Perempuan Lebih Banyak Alami Obesitas Dibandingkan Laki-laki?

Saat ini di Indonesia terjadi penambahan obesitas yang lumayan tinggi dan terus meningkat, bahkan wanita lebih tidak sedikit mengalami obesitas dikomparasikan laki-laki. Obesitas yang lebih berbahaya ialah obesitas central sebab lemak terdapat di dalam perut dan membalut organ-organ.

“Ini menyebabkan sekian banyak  penyakit, laksana serangan jantung, memengaruhi kesuburan, dan bahkan merangsang kanker,” jelas dr Christopher Andrian, M.Gizi, Sp.GK# ketika acara AksiSehatCeria yang diselenggarakan DokterSehat di Ciputra Medical Center, Lotte Shopping Avenue Lt. 5, Jakarta Selatan, Sabtu (15/9/18).

Christopher menuliskan pentingnya menyimak angka kecukupan gizi (AKG) bertolak belakang yakni AKG laki-laki yakni 2.500 kkal dan AKG perempuan 2.100 kkal.

 “Di samping jenis kelamin, diprovokasi juga oleh umur dan tinggi badan. Angka keperluan tersebut lah yang mesti diacuhkan untuk menata asupan makanan,” katanya.

Ada pun tips yang diberikan untuk para pelaku diet, yakni dengan mengonsumsi makanan 5-6 kali sehari dengan porsi tidak banyak dan diimbangi dengan minum air yang cukup. Di samping itu, butuh dikontrol pun asupan kalori dengan mengurangi karbohidrat yang berasal dari tepung.

Tentang acara #AksiSehatCeria, Indra Adam Darmawan selaku CEO & Co-founder DokterSehat mengatakan, acara diselenggarakan memperingati hari Palang Merah Indonesia (PMI) pada tanggal 17 September.

“Juga adalahsalah satu format kepedulian terhadap bencana alam yang belum lama terjadi di Indonesia. Kami mewujudkannya dengan menyelenggarakan aksi donor darah,” katanya.

Di lokasi yang sama, Faisal Nur Hidayat dari Blood4life Indonesia menyatakan bahwa keperluan darah di indonesia paling tidak 5,1 juta kantong per tahun, sementara produksinya melulu 4,6 juta per tahun. Artinya, masih tidak cukup 500 kantong darah per tahun

“Sejauh ini ketersediaan darah di Indonesia masih tidak cukup 500 kantong darah per tahun. Konsekuensinya, pasien yang memerlukan darah tertentu akan kendala mendapatkan darah yang dibutuhkan,” tutur Faisal Nur Hidayat.

Tak melulu menggelar acara gathering kesehatan dan donor darah, DokterSehat pun mengadakan lomba blogging yang berhadiah jutaan rupiah terhitung tanggal 15 September-16 Oktober 2018. Lomba ini diselenggarakan dengan destinasi untuk menambah partisipasi dan kesadaran masyarakat Indonesia bakal pentingnya pola hidup sehat.

“Saya bercita-cita gerakan yang diselenggarakan oleh DokterSehat ini dapat menolong menambah ketersediaan kantong darah dan juga dapat mengajak generasi muda kita guna lebih sadar tentang kesehatan serta pentingnya pola hidup yang sehat,” kata Indra Darmawan.

Baca Juga: